Teknik Promosi Buku


Bapak Akbar Zainudin adalah seorang trainer dan motivator nasional, beliau sebagai narasumber pada malam hari ini mengisi materi dalam pertemuan ke-28 kelas belajar menulis tentang Teknik Promosi Buku.

Strategi pemasaran buku terdiri dari 4 hal ,yaitu :
1. Product ( produk/barang )
Ini lebih kepada tanggung jawab penerbit, seorang penulis hanya memberikan masukan kepada penerbit dan target pembaca bukunya serta apa yang dibutuhkan pembaca dari buku-buku tersebut.
2. Price ( harga )
Harga buku biasanya juga menjadi tanggung jawab penerbit .Strategi didalam menentukan harga buku ada 2, yang pertama adalah harga umum dan yang kedua adalah harga premium ( lebih mahal dibanding harga umum ). 
Harga premium dapat terjadi jika ada nilai tambah dibanding buku-buku yang lain misalnya memuat hard cover, voucher seminar, workshop dan lainnya.
3. Place of Distribution ( pendistribusian )
Strategi distribusi terbagi menjadi 2, yaitu distribusi tradisional dan distribusi non tradisional.
Distribusi tradisional dilakukan melalui toko-toko buku, sedangkan distribusi non tradisional dilakukan melalui MLM ,penjualan langsung atau melalui marketplace.
4. Promotion ( promosi )
Dan sebelum melakukan teknik promosi, seorang penulis harus menentukan dulu target pembaca buku yang akan dipromosikannya, karena target anak-anak, target remaja, target dewasa dan target orangtua berbeda dalam hal mempromosikannya.

Promosi dapat dilakukan oleh penerbit maupun penulis dengan cara-cara  diantaranya :
💞Promosi bisa terjadi saat sedang launching buku, yaitu program untuk melu curkan buku baru. 
💞Kemudian saat bedah buku, yaitu diskusi untuk membedah isi buku penulis, dapat dilakukan secara online ataupun offline.
Disetiap tempat atau situasi dapat dilakukan bedah buku, agar buku yang ingin dipromosikan semakin dikenal, dan hasil diskusi bedah buku tersebut dapat diupload kedalam media sosial masing-masing seperti Instagram, Facebook, Zoom, Whatsapp Group dan lainnya.
💞Yang berikutnya adalah mengadakan seminar atau workshop, dapat dilakukan secara online ataupun offline, yang tujuannya adalah untuk mengenalkan buku kepada pembaca
💞 Yang keempat adalah membangun komunitas sesuai dengan tema buku masing-masing, misalkan tentang motivasi, pendidikan, hiburan.
💞 Yang kelima adalah reseller, yaitu menjualkan kembali buku yang sudah terjual
💞 Yang keenam melakukan promosi di marketplace seperti Lazada, Shopee, Bukalapak dan lainnya dengan cara menjualnya.
💞 Yang ketujuh memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan buku dengan memberikan informasi tentang buku agar mereka semakin paham.

Demikianlah paparan beliau tentang teknik promosi buku, maka segeralah menghasilkan karya tulis, jangan takut untuk menulis, seperti kata-kata bijak dari Pramoedya Ananta Nur : Semua harus ditulis, apapun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit.
Yang penting tulis, tulis dan tulis. Suatu saat pasti berguna.


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer